08 Maret 2012

Wow! Lalu Lintas Data Capai 693 Ribu GB/Menit


Jakarta - Meningkatnya pengguna jejaring sosial dan penetrasi smartphone yang begitu cepat, membuat lalu lintas data membludak, bahkan diperkirakan mencapai 639 ribu GB tiap menit.

Ya, tak bisa dipungkiri lagi memang jika saat ini pengguna smartphone atau komputer makin komsumtif dengan data. Menurut Intel pun hal ini disebabkan kehadiran berbagai platform yang semakin menarik.

"Trafik data di 2011 itu mencapai 639,800 GB per menit. Kebanyakan adalah dari social networking, Facebook saja punya 277 ribu anggota yang login bersamaan," kata Hary K Nugraha, Director Strategic Business Development, Intel Indonesia.

Selain jejaring sosial, Hary juga menggangap meningkatnya perangkat yang bisa terhubung ke internet juga ikut membawa dampak komsumsi data yang kian membesar. Sebut saja kehadiran Google TV, Apple TV atau produk Smart TV lain.

"Kami perkirakan akan ada 15 miliar device yang saling terhubung di 2015, dan 3,1 miliar di antaranya adalah Smart TV," tambah mantan Country Manager Qualcomm Indonesia itu.

Tapi kemudian yang menjadi tantangan adalah, dengan lalu lintas data yang kian membengkak maka sebuah data center bertenaga mutlak dibutuhkan. Untuk itulah Intel menggelontorkan prosesor terbaru di jajaran server.

Intel Xeon E5-2600, diklaim cocok untuk generasi server terkini yang banyak menyediakan layanan berbasis komputasi awan. Prosesor ini dijanjikan tidak hanya punya performa yang makin dahsyat tapi lebih hemat energi.

"Intel coba menjawab permintaan pasar mengenai tren cloud computting saat ini," timpal Arya Sanjaya, Business Development Manager Intel Indonesia, di Hotel Shangri-La, Kamis (8/3/2012).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi Kesempurnaan Blog Ini Saya Sangat Mengharapkan Komentar Dari Kalian....
Thank's For Your Comment