02 Januari 2012

Apple Patenkan Teknologi Pengenal Wajah


Ilustrasi (cnet)
 
Amerika Serikat - Kantor paten Amerika Serikat baru saja menerima pengajuan paten dari Apple. Namun teknologi yang diajukan untuk paten ini bukanlah terbilang teknologi baru, yakni pengenal wajah yang sebelumnya sudah ada di smartphone pesaingnya.

Teknologi yang dipakai untuk mengenali wajah tersebut memakai sistem pencocokan 2D. Ia mampu membandingkan image orang yang mencoba mengunlock piranti, dengan foto referensi yang dimasukkan pengguna ke pirantinya tersebut.

Dengan menganalisa perbedaan di antara kedua foto itu, maka ia akan memutuskan apakah pirantinya bisa mengunlock secara otomatis atau tidak, demikian seperti dikutip detikINET dari VentureBeat, Minggu (1/1/2012).

Kemampuan pengenal wajah sebenarnya mengundang kekhawatiran sendiri. Diberitakan sebelumnya bahwa Galaxy Nexus mampu mengunlock pirantinya hanya lewat foto yang ditunjukkan.

Namun sepertinya Apple sudah mengantisipasi hal itu. Melihat penjelasan spesifikasi paten yang diajukan Apple, teknologi yang mereka miliki agaknya mencoba untuk menghindari kekurangan yang dijumpai di Galaxy tersebut.

( sha / ash )

1 komentar:

  1. Wow,, Apple memang selalu selangkah lebih maju dari yang lain. Meski Steve sudah tidak ada, tapi nampaknya citra Apple akan sama saja. :D

    BalasHapus

Demi Kesempurnaan Blog Ini Saya Sangat Mengharapkan Komentar Dari Kalian....
Thank's For Your Comment