09 Agustus 2008

Tekan Pembajakan, Google Gratiskan Layanan Download Musik


Jakarta - Untuk menekan aksi pembajakan musik yang semakin marak di China, Google bekerja sama dengan China meluncurkan layanan download musik gratis. Langkah ini juga untuk menyaingi situs pencarian musik ternama di China, Baidu.com.

Tercatat lebih dari 99% file musik yang didistribusikan di China adalah bajakan, demikian dilaporkan International Federation of the Phonographic Industry. Di lain sisi, China merupakan salah satu konsumer musik terbesar.

Melalui layanan musik Google yang diberi nama Music Onebox ini, masyarakat China bisa mencari lagu dan lirik, lalu men-downloadnya langsung dari situs yang beralamat di www.top100.cn. Sementara pengguna yang berada di luar China tidak akan bisa mengakses layanan ini karena diblokir.

Top100.cn sendiri adalah sebuah situs yang bermarkas di Beijing yang didukung oleh 100 label rekaman. Saat ini Top100 dikabarkan tengah melakukan pembicaran dengan pihak Sony dan Warner Music Group untuk bekerja sama.

"Layanan musik ini akan membantu pengguna menghindari masalah seperti link terputus, download yang lambat, hasil pencarian yang tidak jelas, dan kualitas lagu yang jelek atau tidak lengkap," tandas Google.

Google menambahkan pihaknya sama sekali tidak mengambil keuntungan apapun dari situs tersebut, demikian dikutip detikINET dari Nzherald, Sabtu (9/8/2008).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi Kesempurnaan Blog Ini Saya Sangat Mengharapkan Komentar Dari Kalian....
Thank's For Your Comment