09 Agustus 2008

Meski Sudah Distop, XP Masih Rajai Penjualan


Jakarta - Kendati penjualan Windows XP telah resmi dicabut Juni lalu, ternyata penjualan sistem operasi ini masih dominan.

Hal ini diungkapkan oleh Jane Bradburn, market development manager of commercial notebooks HP Australia. Menurut penuturannya, perusahaannya masih menjual mesin XP tapi menggunakan lisensi Vista. Pernyataan ini menguatkan keraguan banyak kalangan tentang klaim dari Microsoft bahwa Vista laris manis di pasaran.

"Mulai 30 Juni lalu, kami tidak dapat mengirimkan PC dengan lisensi XP," tandas Jane Bradburn, seperti dikutip detikINET dari ITNews, Sabtu (9/8/2008).

Lebih lanjut Jane Bradburn menambahkan bahwa mereka mengapalkan PC bermuatan XP dengan lisensi Vista Business. Sistem operasi ini masih mendominasi penjualan PC mereka. Di laporan Microsoft, penjualan ini akan dicatat sebagai penjualan Vista.

Memang bukan rahasia lagi bahwa Vista kurang mendapat sambutan hangat dari konsumen. Analis dari Forrester Research, Thomas Mendel, pernah memprediksikan hanya sekitar 8,8 persen perusahaan yang telah mengadopsi Vista.

Analisa ini menimbulkan kegusaran Microsoft. Kegusaran ini dituangkan dalam blog Vistanya. Di blog tersebut Microsoft mengklaim telah sukses menjual lebih dari 180 juta kopi Vista.

"Ada banyak bukti untuk menyanggah laporan tersebut-termasuk berbagai laporan dari Forrester dan analisa lainnya-, yang terkesan cenderung mencari sensasi, daripada menyajikan perspektif industri bermutu berdasarkan diskusi dengan kalangan profesional IT atau pengetahuan yang mendalam. Sungguh mengecewakan organisasi seperti Forrester memberikan pendekatan semacam ini," tulis Microsoft dalam blognya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi Kesempurnaan Blog Ini Saya Sangat Mengharapkan Komentar Dari Kalian....
Thank's For Your Comment